Kamis, 04 Juli 2013

Tips berkendara jarak jauh ( persiapan Mudik )

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bagi beberapa orang mungkin nanti akan melakukan perjalanan jauh ke kampung halamannya.  Kami mempunyai tips mengenai persiapan yang harus diperiksa sesaat sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mobil Anda. Berikut adalah poin-poin yang harus diperhatikan :
1. Pastikan mobil telah menjalani general check up sebelumnya di bengkel yang dapat melakukan hal tersebut. Pemeriksaan kondisi mesin, rem, transmisi, dan wheel alignment harus diperhatikan dengan seksama. Mengenai hal ini, Anda harus betul-betul mengetahui kondisi mobil Anda secara keseluruhan, dan pastikan mobil Anda dalam keadaan yang sangat prima agar tidak ada kekhawatiran pada saat perjalanan jauh nanti.
2.  Toolkit
Pastikan Anda membawa toolkit. Jika dirasa ada yang kurang pada toolkit standar yang dimiliki oleh mobil Anda, sebaiknya Anda menambahkannya.
3.  Periksa Kondisi Ban
Ban merupakan benda yang paling krusial apabila hendak bepergian jauh. Bayangkan jika anda sedang melaju dengan kecepatan tinggi lalu ban anda pecah? Selain ketebalan ban, umur ban juga perlu diperiksa. Ban dengan umur lebih dari 5 tahun sebaiknya segera diganti, mengingat elastisitas karet yang kian lama makin mengeras dan menggetas. Perlu diingat, Anda jangan memaksakan kehendak untuk melakukan perjalanan jauh dengan keadaan ban yang tidak layak jalan.
4.  Periksa Wiper dan Washer
Pastikan wiper anda bekerja dengan baik dan semprotan air yang keluar dari washer tersembur dengan sempurna. Dan periksa hasil hapusan wiper, jika tertinggal sisa air, maka yang harus anda periksa adalah kelenturan dari wiper itu sendiri atau kemungkinan jamur pada kaca yang sudah parah kondisinya. Perlu diingat, apabila hujan pada malam hari, jika hasil hapusan wiper tidak bersih maka dapat membahayakan kita karena biasan lampu dari mobil arah berlawanan. Selain itu, periksa juga air washer, isi kembali hingga penuh.
5.  Periksa Oli mesin
Sebelum menyalakan kendaraan, anda dapat mengukur kapasitas oli yang ada di dalam mesin. Setidaknya dibutuhkan waktu selama 1 jam setelah mesin menyala agar kita dapat mengukur kapasitas oli yang dikandung oleh mesin tersebut. Dan lihat pula batas penggantian oli, jika ,1000km dari batas yang ditentukan sebaiknya oli lekas diganti, mengingat perjalan jauh durasi mesin menyala lebih lama dan sering menyentuh rpm tinggi. Jadi sistem lubrikasi sangat berperan penting demi keawetan mesin.
6.  Periksa Air Radiator
Periksa air pada radiator anda. Pastikan terisi penuh dan periksa pula  apakah ada kebocoran pada sisi radiator dan selang-selang yang berhubungan dengan radiator tersebut
7.  Lampu
Pastikan lampu bekerja dengan baik, mulai dari low-beamhigh-beam, lampu sen, lampu rem, hingga lampu mundur.
Hal-hal tersebut merupakan hal yang paling penting yang harus diperiksa. Sebaiknya sebelum bepergian dilakukan tune-up jika dibutuhkan.
Ada pun hal-hal yang mungkin dibutuhkan selama perjalanan seperti GPS, charger alat komunikasi, hingga lagu-lagu yang menemani kita selama perjalanan.

Sumber :  http://speedarchitech.com/single/persiapan-mudik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar